3 DOA MALAIKAT JIBRIL

Doa malaikat Jibril

Dalam sebuah riwayat diceritakan :
عن جابر بن عبد الله : أن النبي صلى الله عليه و سلم رقى المنبر فلما رقى الدرجة الأولى قال آمين ثم رقى الثانية فقال آمين ثم رقى الثالثة فقال آمين فقالوا يا رسول الله سمعناك تقول آمين ثلاث مرات قال لما رقيت الدرجة الأولى جاءني جبريل صلى الله عليه و سلم فقال شقي عبد أدرك رمضان فانسلخ منه ولم يغفر له فقلت آمين ثم قال شقي عبد أدرك والديه أو أحدهما فلم يدخلاه الجنة فقلت آمين ثم قال شقي عبد ذكرت عنده ولم يصل عليك فقلت آمين

Dari Jabir bin ‘Abdillah rodhiyallahu’anhu, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam menaiki tangga mimbar. Ketika naik ketingkatan pertama, Beliau mengatakan “Amin”. Kemudian ketika manaiki tingkatan kedua, Beliau mengatakan “Amin”. Kemudian ketika menaiki tingkatan ketiga, Beliau mengatakan “Amin”. Kemudian para shahabat Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Wahai Rosulullah, kami mendengar anda mengatakan amin sebanyak tiga kali”.

Rosulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ketika aku menaiki tingkatan tangga pertama, (malaikat) Jibril shalallahu’alaihi wa sallam mendatangiku kemudian berkata, “Celaka seorang hamba yang ia menjumpai bulan Romadhon kemudian Romadhon itu berlalu, dan hal itu tidak membuatnya diampuni”. Kemudian aku mengatakan “Amin”.

Bulan Ramadan telah datang kepada kita, setelah tidak terasa sebelas bulan kita menunggunya, bulan mulia, bulan penuh rahmat, bulan penuh ampunan. Alhamdulillah Allah telah mengabulkan doa kita pada tahun yang lalu, untuk dapat berjumpa dengan Ramadhan pada tahun ini.  Sementara banyak juga diantara keluarga kita, orang tua kita, tetangga kita, teman kita, yang pada tahun lalu masih bersama kita, masih bersenda gurau dengan kita, masih sholat di Masjid berjamaah bersama kita, tapi tahun ini tak lagi kita dengar canda tawanya, tak lagi bisa bermuamalah dengan kita, Allah sudah memanggil mereka lebih dahulu, inilah kesempatan emas yang tidak boleh kita lewatkan, belum tentu bapak ibu bertemu lagi pada bulan ramadhan yang akan datang, siapa yang bisa menjamin. Nunggu giliran ajanya kita nunggu pengumuman habis subuh.. inna lillahi wainna ilaihi rajiun..

Jadi manfaatkanlah Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Karena pada bulan ini Allah memberikan ampunan yang seluas2nya. Siang dan malam.

Man shoma ramadhana imanan wahtisaban ghufira lahu ma taqaddama min zanbihi

Man qama ramadhana imanan wahtisaban ghufira lahu ma taqaddama min zanbihi.

Belum lagi Allah memberikan pahala berlipat ganda atas ibadah yang kita lakukan, bulan Ramadhan ini memang betul bulan bonus untung beliung. Makanya kata nabi “kalau saja umatku tau kelebihan apa yang ada pada bulan rmadhan ini maka pasti dia berharap sepanjang tahun adalah bulan ramadan. Maka memang rugi sekali kalau ramadhan ini kita lalui dengan sia-sia tanpa mendapatkan ampunan dari Allah SWt.

 

Kemudian Jibril berkata, “Celaka seorang hamba yang ia mendapati kedua orang tuanya atau salah seorang dari mereka (masih hidup) tapi hal itu tidak memasukkannya kedalam surga”. Kemudian aku mengatakan “Amin”.

Bersyukurlah kita kalau kedua orang tua kita masih hidup, atau salah satu dari keduanya, karena ini merupakan kesempatan kita untuk memperoleh surga sebagaimana yang di sampaikan Rasul. Ridha Allah terletak pada ridho kedua orang tua dan kemurkaan Allah juga akibat murkanya orang tua.

Kalau kita sekarang sudah sukses, sudah kaya, sudah jadi orang, sesungguhnya itu bukan apa-apa kalau bukan karena curahan kasih sayang dan doa orang tua kita. Mereka mengasuh kita dan membesarkan kita dengan sepenuh hati, mereka rela tak makan kalau anaknya belum makan, makanya kita perhatikan banyak ibu2 yang suka membungkus kue kalau ada acara pengajian. Sayang anak.

Saya masih ingat ketika saya di pesantren pas bulan puasa begini, umi saya menangis saja kerjanya sampai tak bisa makan sahur, memikirkan anaknya makan apalah dipesantren sana.

Kalau anaknya sakit mereka berdoa kalau bisa sakitnya itu dia saja yang merasakannya. Makanya ketika Rasulullah ditanya “ya rasulullah amalan apa yang paling mulia, rasul menjawab  “birrul walidain” berbakti kepada kedua orang tua. Dan Allah juga nyata nyata telah menegaskan dalam surah al isra

Wa qadha….

Berbuat baiklah kepada orang tua, kalau mereka sudah uzur, jangan dibentak, dimarahi, tapi katakanlah perkataan yang baik, walaupun memang ada juga orang tua yang semakin tua semakin sensitif dan cerewet, tapi yah sudahlah, mengalah saja, tak perlu naik emosi apalagi sampai melawan dan membentaknya, ingat saja dulu bagaimana nakalnya kita ketika masih kecil tapi mereka membesarkan kita dengan penuh kesabaran.

Jika seandainya orang tua kita telah wafat, maka banyaklah memberikan doa untuknya khususnya di bulan Ramadhan ini, karena salah satu amal yang masih terus mengalir walaupun sudah mati adalah anak soleh yang selalu mendoakan orang tuanya.

Kemudian Jibril berkata, “Celaka seorang hamba yang ketika(ia mendengar) aku disebut namun ia tidak bersholawat”. Kemudian aku mengatakan “Amin

Allah telah menyuruh kita untuk senantiasa bersholawat kepada Nabi. Bahkan Allah dan para malaikat nya saja bersholawat kepada Nabi. Dalam ayat yang sering kita baca Allah berfirman :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS. Al-Ahzab: 56)

Apa manfaatnya kita banyak bersholawat kepada Nabi, Begitu banyak keistimewaan bersholawat kepada Nabi antara lain :

1 . Barangsiapa bersholawat kepada Nabi Muhammad satu kali, maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali sholawat.

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa yang mengucapkan sholawat kepadaku satu kali, maka Allah mengucapkan sholawat kepadanya 10 kali.” (HR. Muslim no. 408)

2) Bersholawat kepada Nabi satu kali akan menghapuskan 10 kesalahan dan meninggikan 10 derajat.

Hal ini berdasarkan hadits shohih berikut ini:

Dari Anas bin Malik Radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطَيَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali, maka Allah bersholawat kepadanya 10 kali shalawat, dihapuskan darinya 10 kesalahan, dan ditinggikan baginya 10 derajat.” (HR. an-Nasa’i, III/50 dan dinyatakan Shohih oleh Syaikh al-Albani).

3) Barangsiapa bersholawat kepada Nabi sepuluh kali di pagi hari dan sepuluh kali di sore hari, maka ia berhak mendapatkan syafa’at Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam pada hari kiamat.

Hal ini berdasarkan hadits shohih berikut ini:

Dari Abu Ad-Darda Radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ حِينَ يُصْبِحُ عَشْرًا وَحِينَ يُمْسِي عَشْرًا أَدْرَكَتْهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Barangsiapa yang bersholawat kepadaku di pagi hari 10 kali dan di sore hari 10 kali, maka dia akan mendapatkan syafaatku pada hari kiamat.” (HR. ath-Thabrani dan dinyatakan Basan oleh Syaikh al-Albani dalam kitab Shahihul Jami’).

4) Bersholawat kepada Nabi Muhammad merupakan salah satu sebab terkabulnya doa.

Hal ini berdasarkan hadits shohih berikut ini:

Dari Anas bin Malik Radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

كُلُّ دُعَاءٍ مَحْجُوبٌ حَتَّى يُصَلِّي عَلَى النَّبِيِّ

“Setiap doa tertutup (terhalang dari pengabulannya, pent) hingga ia bershalawat kepada Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam.” (HR. ad-Dailami dan dinyatakan Hasan oleh Syaikh al-Albani).

Ini mungkin nampaknya seperti perkara yang kecil tapi nilainya besar disisi Allah Swt. Mudah2an kita dapat terhindar dari hal2 yang di doakan oleh Jibril yang kemudian di Aminkan oleh Nabi Muhammad.agar kita kelak mendapat kan ampunan dari Allah dan ditempatkan di Surga Nya kelak pada hari kiamat.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: